Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, memiliki roda empat atau lebih (dalam jumlah yang selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekkan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movere’ (bergerak).
Sejarah Mobil
![]() |
Replika Benz Motorwagen 1886 |
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap
mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, pada tahun 1672. Ia mendesain
mainan kendaraan berukuran 65cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bias membawa
penumpang.tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah
diproduksi atau tidak. Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan
Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga
melengkapi kendaraan tersebut dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip
dengan sebuah kereta salju.
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemostrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap,mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal,dikembangkan di Birmingham,Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil bertenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada than 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an,etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amrik.
Kepopuleran
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemostrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap,mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal,dikembangkan di Birmingham,Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil bertenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada than 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an,etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amrik.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot,penggunaannya dilihat secara rendah di
tempat asalnya Perancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana
Richard Trevithick menjalankan gerobak uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut
dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam decade berikutnya,seperti rem
tangan,transmisi multi kecepatan,dan peningkatan kecepatan dan setir,membuatnya
sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari Negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parker yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari Negara lainnya. Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parker yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal.
Inovasi
![]() |
Mobil "Velo" Karl Benz (1894) |
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya,
yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya
sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya
mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir
bersamaan pada 1886 oleh penemu Jermanyang
bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3
Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan
industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan
bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam
meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga
terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902,
dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar
(ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-stater elektronik (keduanya oleh Charless Kettering,untuk perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910 - 1911),suspensi independen,dan rem empat ban.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-stater elektronik (keduanya oleh Charless Kettering,untuk perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910 - 1911),suspensi independen,dan rem empat ban.
Pada
tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah
diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan
kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian
roda-depan diciptakan
kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avantpada 1934,
meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang
dibuat oleh Alvis dan Cord,
dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah
1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling
bergabung dan matang. Sejak 1960,
jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal,
teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian
dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah
untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil
meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Sumber : Tags1 Tags2 Tags3
Sumber : Tags1 Tags2 Tags3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar